Hewan - Hewan Mirip Naga

naga
Naga
Banyak orang menyebut keberadaan naga hanyalah sebuah mitos atau kepercayaan kuno yang masih ada sampai sekarang. Namun banyak juga peneliti yang dengan sengaja menghabiskan waktu untuk mencari kebenaran dan keberadaan makhluk satu ini.
Naga sering digambarkan sebagai makhluk besar bersayap, mirip kadal dan ada yang bisa menyemburkan api seperti di film - film Hollywood. Namun ada juga orang yang percaya naga bentuknya memanjang seperti ular, memiliki tanduk, dan bisa terbang.

Kali ini kita akan membahas beberapa mahkluk yang terlihat seperti naga, 



komodo
1. Komodo (Varanus komodoensis)
Komodo adalah reptil besar dengan gigitan yang mematikan. Dengan panjang tubuh hingga 3m dan beratnya mencapai 70kg, mereka adalah kadal terbesar di dunia. Mangsa utama komodo adalah rusa, babi hutan, dan kerbau liar. Komodo termasuk predator yang komplit, karena dilengkapi dengan tubuh yang besar berotot, cakar, kulit yang tebal, dan tentu saja air liur yang mengandung jutaan bakteri sebagai senjata utama dalam berburu.



ular jawa
2. Dragonsnake (Xenodermus javanicus)
Hanya ada satu spesies ular ini. Pada tahun 2013, sebuah analisis genetik mengarah pada kedekatan hibungan dengan ular-ular air primitif Australia dan Indonesia. Ular ini umumnya berukuran 60cm, dan ukuran betina sedikit lebih besar dari pada jantan.

Meskipun ditemukan kembali pada tahun 1836 dan berburu di sekitar sawah, tidak banyak yang diketahui tentang ular ini. Mereka kebanyakan berburu katak di malam hari.



kadal
3. Bearded dragons (Pogona sp.)
Hewan ini termasuk hewan peliharaan favorit di seluruh dunia. Delapan spesies dalam genus Pogona semuanya berasal dari Australia tengah.
Hewan ini mengisap udara untuk mengembangkan tenggorokan mereka untuk menciptakan bentuk yang tebal dan berduri. 'Janggut' ini juga menjadi hitam selama masa kawin, dan masa stres.
Pada tahun 2014 peneliti menemukan kadal ini mampu menyesuaikan kondisi tuibuhnya saat siang dan malam hari.



kaki seribu
4.Kaki Seribu Merah Muda (Desmoxytes purpurosea)
Ditemukan di seluruh Asia Tenggara dan memiliki tonjolan unik disekitar kaki mereka. Salah satu spesies yang paling mencolok ditemukan pada 2007 di Thailand, tinggal di gua batu kapur. Periset menemukan di serasah daun. Panjangnya 3cm, ini adalah salah satu kaki seribu terbesar.
Berbau seperti almond dan racun. Warna merah muda cerahnya memperingatkan predator bahwa itu beracun.


kadal terbang
5. Kadal terbang (Draco sp.)
Kemampuan melayang hewan ini sangat berguna di hutan tropis di Asia Tenggara. Sama seperti sayap pesawat yang dibangun dari struktur bermembran yang membentang, naga terbang ini memiliki tulang rusuk memanjang yang dan lipatan kulit, yang disebut patagia. Hal ini memungkinkan mereka meluncur rata-rata 8m saat mereka melompat di antara pepohonan. Ekor ramping mereka bertindak sebagai kemudi. Berkat otot khusus, naga bisa mengayunkan sayapnya sesuka hati, atau melipatnya saat tidak digunakan. Warna coklat belang-belang untuk kamuflase, namun sayap mereka sering berwarna cerah.



ikan naga
6. Ikan naga hitam (Idiacanthus atlanticus)
Ini adalah ikan laut dalam, hidup 2000meter di bawah permukaan Samudera Atlantik, dan secara unik disesuaikan dengan kegelapan, tekanan dingin dan kondisi yang ekstrem.
Hewan memakan invertebrata laut dan ikan. Untuk memikat mereka, ikan naga betina memiliki organ mirip benang yang menggantung dari dagunya, dengan ujung biru. Ikan dewasa bisa tumbuh 48cm, dengan rahang besar yang memungkinkan mereka menelan mangsa besar.
Mereka juga memiliki organ pemancar cahaya yang disebut photophores yang tersebar di kepala dan tubuh mereka. Ini membantu ikan untuk menemukan mangsa, berkomunikasi dan bersembunyi dari predator yang lebih besar.


naga laut
7. Seadragons (berbagai spesies di keluarga Syngnathidae)
Jangan tertipu, seadragons adalah ikan. Mereka berhubungan dengan kuda laut, tapi lebih flamboyan. Spesies terbaru untuk sains adalah seadragon ruby, yang ditemukan pada awal 2015.
Para ilmuwan sudah terbiasa dengan seadragon berdaun dan kurus. Keduanya brkamuflase seperti gulma laut dan hanya ditemukan di Australia bagian selatan.



Baca juga Fakta unik dan aneh di dunia

Comments

Popular posts from this blog

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?