Mau Jago Dribbling Seperti Messi? Ini Tipsnya

Messi
Messi



Lionel Messi, semua orang pasti tahu kemampuan Messi dalam sepak bola, dribbling cantik, skill mumpuni, dan akurasi tembakan yang luar biasa membuat pemain Barcelona ini dijuluki sebagai alien karena kemampuannya. Tubuh yang kecil dianggap sebagai keuntungan Messi dalam menggiring bola bagi sebagian orang. Tapi tanpa latihan dan kerja keras, tentu kemampuan itu tidak datang begitu saja. 



Berikut tips dribbling bola seperti Leo Messi:

1. Jaga bola tetap dekat dengan kaki
Ciri khas dari dribbling Messi adalah bola yang terlihat seperti menempel dikakinya. Bukan dengan magnet atau tali, tapi karena hasil latihan yang rutin dilakukan. Menggiring bola agar selalu dekat dengan kaki tentu mudah dilakukan jika berjalan. Tetapi kalau berlari? tentu tidak semudah yang dilihat.
Cobalah untuk menjaga bola tetap dekat dengan tubuh atau kaki, tingkatkan kecepatan lari secara bertahap, Usahakan menyentuh bola setiap 2 - 3 langkah.

2. Perhatikan kondisi sekitar
Setelah mahir menggiring bola dengan jarak yang dekat dengan tubuh. Selanjutnya, latih kemampuan menggiring tanpa harus fokus ke bola. Artinya, selain menjaga laju bola agar tetap stabil dan dalam kendali, perhatikan juga posisi dan reaksi musuh disekitar. Perhatikan posisi pinggul lawan untuk memudahkan kita dalam mengambil keputusan dalam mengecoh lawan. 

3. Ciptakan titik gravitasi yang rendah
Tubuh Messi yang pendek menjadi tambahan dari kemampuan driblingnya, tetapi bagi pemanin yang bertumbuh tinggi juga bisa melakukannya dengan berusaha menjaga titik gravitasi agar lebih rendah, bisa dengan cara agak menekuk lutut.




4. Jaga keseimbangan
Gunakan kedua lengan sebagai alat bantu menjaga keseimbangan, seperti sayap burung yang bermanuver ketika terbang, buka lengan ketika mengecoh lawan, sehingga tubuh menjadi lebih seimbang. 

5. Berlari lebih cepat
Latihlah kecepatan berlari saat menggiring, usahakan bola tetap didekat tubuh. latih dengan berlari bolak - balik lapangan sambil menggiring bola. Hitung waktu yang dibutuhkan, dan tingkatkan kecepatan secara bertahap.

6. Terus bermain
Dalam satu wawancara, Messi pernah menyebut rahasia kemampuannya menggiring bola, yaitu dengan terus bermain bola. Baik pagi, siang, sore, ataupun malam, ia selalu bermain bola. Bahkan tak jarang orang tuanya marah karena ia bermain didalam rumah dan merusak barang - barang.




Demikianlah beberapa tips menggiring bola seperti Lionel Messi. Dengan banyak latihan tentu hasil dan kemampuan kita akan meningkat seiring waktu yang berlalu.







Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?