FC Barcelona, Fakta Unik dan Lucu

barca wallpaper
FC Barcelona
FC Barcelona, klub raksasa asal benua eropa ini merupakan salah satu klub papan atas di dunia, banyak pemain muda berbakat bermimpi untuk bisa bermain disana, di huni oleh skuad bertabur bintang, berbagai trofi di berbagai ajang telah mereka peroleh.
Dan berikut beberapa fakta unik dari FC Barcelona.



1. FC Barcelona dibentuk dari sebuah iklan di surat kabar

Pada tanggal 22 Oktober 1899 seorang penggemar sepak bola Hans Kamper memasang iklan di koran lokal bahwa ia ingin membentuk klub sepak bola dan orang-orang yang tertarik harus menghubunginya, saat melihat iklan ini Joan Gamper bersama Gimnasio Sole dan sebelas pemain lainnya bertemu dengan Kamper untuk sebuah Pertemuan pada tanggal 29 November 1899 yang pada akhirnya menjadi formasi FC Barcelona.


2. Penggemar FC Barcelona juga dikenal sebagai 'Ass'.

Penggemar Barca disebut 'cules' di Catalon yang artinya bahasa Inggrisnya adalah 'ass'. Banyak orang berpikir bahwa nama tersebut meniru Ass seperti pada keledai tapi Ass terkait dengan Butt. Selama Pertandingan Barca, penggemar Barca biasa duduk di barisan tertinggi stadion yang menunjukkan culés mereka kepada orang yang lewat. Dengan cara ini awal nama "Cules" terbentuk.

FC Barcelona vs Real Madrid



3. Persaingan sengit antara FC Barcelona dan Real Madrid berkembang menjadi lebih dari sekadar sepak bola

FC Barcelona dan Real Madrid bukan hanya klub sepak bola terbaik di Spanyol tapi juga pesaing sengit dalam sepak bola dan luar sepak bola. Persaingan itu berasal dari kediktatoran Franco; Real Madrid adalah simbol nasionalisme dan disukai oleh Franco dan rezimnya sementara Barca melawan Franco dan rezimnya.


4. Barcelona terpaksa mengganti nama mereka menjadi Club de Futbol Barcelona pada tahun 1939

Di bawah rezim Franco, bahasa dan simbol Catalan dilarang dan tim dipaksa mengubah nama mereka menjadi Club de Futbol Barcelona pada tahun 1939. Bendera Catalan juga dikeluarkan dari perisai klub. Terlepas dari ini, stadion tetap menjadi satu-satunya tempat selama rezim Franco dimana Catalan bisa diucapkan dan bendera mereka dapat dikibarkan dengan bebas.


5. Club de Futbol Barcelona berganti nama menjadi Futbol Club Barcelona.

FC-Barcelona Pada tahun 1974, klub mengubah nama mereka kembali ke Futbol Club Barcelona.


6. Maracanã dari Spanyol, Camp Nou?

Ukuran stadion FC Barelona, ​​Camp Nou yang dibangun pada tahun 1957 sebelumnya sama dengan Stadion Maracanã Brasil di Rio de Janeiro. Dengan kapasitas 98.000, Camp Nou merupakan stadion terbesar di Eropa dan stadion terbesar ketiga di dunia. Itu adalah stadion tertinggi ketiga dan terbesar di dunia untuk menampung 120.000 penonton. Ukuran stadion stadion Camp Nou berkurang selama bertahun-tahun untuk menjaga keamanan.


7. Pemain FC Barcelona diharuskan mempelajari Bahasa Katalan

Semua pemain FC Barca diminta untuk belajar dan berbicara bahasa Catalan sebagai Presiden FC Barcelona, Joan Laporta, seorang nasionalis yang memproklamirkan diri dan Barca selalu menjadi pendukung Catalan yang hebat. Aturan ini berlaku untuk semua pemain asing juga, tapi pengecualian telah dibuat untuk beberapa pemain terkenal seperti Lionel "Leo" Messi yang tidak wajib, Messi tidak pernah berbicara secara terbuka di Catalan kecuali satu kali, saat dia mabuk setelah Barca menang dan akhirnya berbicara di Catalan melalui sebuah megafon.





8. FC Barcelona - Klub berharga

Piala FIFA Ballon d'Or (Golden Ball)
Barca adalah klub dengan jumlah terbanyak juara Ballon d'Or di bawah namanya. Ballon d'Or adalah hadiah bergengsi yang diberikan FIFA kepada pemain sepak bola terbaik tahun ini di seluruh dunia. Ada tidak kurang dari 10 bola Ballon d'Or yang dimenangkan oleh pemain Barca.




Jersey FCB


9. FC Barcelona mengiklankan perusahaan sponsor pada seragam mereka pada 2006 untuk pertama kalinya

Sejak didirikan, Barca telah menolak untuk mempromosikan pendukung perusahaan di seragam mereka. Pada tanggal 14 Juli 2006, klub mengumumkan untuk memasukkan logo UNICEF di baju mereka untuk pertama kalinya dalam sejarah Barca. Klub tersebut menyumbangkan € 1,5 juta setiap tahun kepada UNICEF sesuai kesepakatan lima tahun.


10. Menang Telak pada Pertandingan Offiicial Pertama

Pertandingan resmi pertama dimainkan di Camp Nou pada 6 Oktober 1957 melawan Real Jaén. FC Barcelona menang dengan 6 gol menjadi 1.


11.Katalan Promosi Bahasa

Pada tahun 2007, Laporta melakukan beberapa tiket untuk pertandingan FC Barcelona versus Real Madrid dengan Federació Lull, sebuah organisasi yang menyebarkan bahasa Catalan.


Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?