Venus Flytrap, Tanaman Cantik Pemangsa Serangga

tanaman aneh
Venus Flytrap

Bagi kalian yang suka dengan permainan Plants vs Zombies tentu tidak asing dengan salah satu tanaman unik ini. Bukan hanya dari segi penampilan, tapi dari proses mendapatkan nutrisi pertumbuhannya pun cukup unik dan menarik perhatian. Tanaman unik ini sekarang juga telah di domestikan sebagai tanaman rumah, atau sebagai tanaman hias yang memiliki kesan menarik dan eksklusif karena sangat jarang dimiliki khalayak umum.

Berikut panjabaran venus flytrap secara ilmiah:
Kingdom:Plantae
Clade:Angiosperms
Clade:Eudicots
Order:Caryophyllales
Family:Droseraceae
Genus:Dionaea
Species:D. muscipula

Venus Flytrap hampir punah. Orang-orang begitu terpesona dengan tanaman yang tidak biasa sehingga mereka mengambil banyak tanaman ini dar habitat asal mereka, yang akhirnya mendekatkan Venus flytrap dengan kepunahan.
Di alam ada lebih dari 500 jenis tanaman karnivora. Mereka merupakan produk adaptasi dari lingkungan dengan nutrisi rendah. Meskipun mereka bertahan dari fotosintesis seperti tanaman lain, mereka membutuhkan nutrisi tambahan untuk tetap hidup.

Venus flytrap bisa "meludahkan" benda. jadi mereka tidak benar-benar mendorong objek dari jebakan. Ketika salah satu perangkap menangkap organisme hidup seperti serangga, pemicu rambut di dalam jebakan bereaksi saat mangsa mencoba melarikan diri, memerintahkan perangkap untuk menutup. Jika benda mati seperti kotoran atau tanah batu masuk kedalam jebakan, pemicu rambut tidak terstimulasi. Jadi ketika Venus Flytrap mendapatkan kembali energi, ia membuka dan membiarkan benda tersebut jatuh atau meniup angin.

Bila Venus flytrap menangkap mangsa, ia mengeluarkan cairan pencernaan dengan cara yang mirip dengan fungsi perut. Hal ini memungkinkan tanaman untuk menghancurkan mangsanya, meskipun tidak dapat menghancurkan kulit luar serangga yang keras. Sebagai gantinya, ia membuka kembali dan membiarkan sisa - sisa mangsanya jatuh ke tanah.

Bagian pertama dari nama tersebut berasal dari dewi cinta pagan, Venus, dan dimaksudkan untuk melambangkan cara tanaman memikat mangsanya.
Beberapa serangga terlalu besar untuk dikonsumsi oleh venus flytraps. Jika sebuah Venus flytrap menangkap mangsa yang terlalu besar, perangkap tersebut sering mati karena jamur dan bakteri menyerang serangga yang sudah mati. Venus flytrap bisa kehilangan satu atau dua perangkap ketika itu terjadi.



Baca juga Hewan mirip naga







Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?