Teknik Laba - laba, dan Tips Meningkatkan Konsentrasi.

Meningkatkan konsentrasi
Konsentrasi



Manusia merupakan makhluk yang memiliki kemampuan otak diatas makhluk hidup lain didunia ini, memiliki emosi dan kemampuan konsentrasi merupakan salah satu kemampuan otak manusia dari sekian banyak kelebihan otak kita. Tapi, kadang kala kita juga bisa dibuat repot ketika menghadapi suatu hal yang menuntut konsentrasi, tapi kita malah tidak fokus dalam berfikir. Kendala ini justru meningkatkan tingkat stres yang malah mengurangi kemampuan konsentrasi kita. 




Berikut ini adalah beberapa tips sederhana yang bisa kita praktekan untuk meningkatkan konsentrasi




1. Teknik Laba- laba

Ada hal unik yang bisa kita tiru dari serangga pekerja keras ini. Coba perhatikan ketika seekor laba - laba sedang membangun sarang, dengan gigih dan tekun hewan ini berkonsentrasi untuk membangun sarangnya walau disekitarnya ada hal lain yang bisa menggangu konsentrasinya. Jadi seekor laba - laba bisa berkonsentrasi penuh dalam hal yang dia kerjakan.

2. Waktu Khusus untuk Melamun
Pernah tidak ketika didalam pertemuan atau rapat penting tiba - tiba pikiran menjadi buyar? 
tentu hal itu menjadi hal yang menjengkelkan, ini bisa anda atasi dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun, bisa sejam sebelum tidur, atau ketika di toilet. Dengan menyediakan waktu khusus untuk melamun. otak kita akan tetap terjaga ketika dituntut untuk berkonsentrasi.

3. Istirahat Otak
Otak, sama seperti organ tubuh lainnya juga membutuhkan waktu beristirahat ketika dituntut untuk bekerja maksimal dalam beberapa jam. Cara sederhana untuk menghindari kelelahan pikiran adalah dengan mengistirahatkan otak selama 3 - 5 menit setiap satu jam ketika otak dituntut bekerja keras.

4. Olahraga Kecil
Suplai oksigen ke otak juga mempengaruhi kinerja otak dalam berkonsentrasi. Untuk menjaga kecukupan oksigen di aliran darah, kita bisa melakukan gerakan sederhana sepeti, berjalan, mengganti posisi duduk, hingga berbaring beberapa saat.

5. Sistem Kerja 
Bisa bekerja multitasking tentu merupakan nilai positif bagi seseorang, tetapi hal ini juga membutuhkan konsentrasi tinggi dan fokus terhadap banyak tugas. Cobalah mengerjakan tugas satu - persatu, tetapi dengan hasil yang sempurna.

6.  Tempat Kerja.
Usahan mengerjakan hal penting ditempat yang kondusif, nyaman, penerangan yang baik, dan sirkulasi udara yang bagus. jangan membiasakan diri belajar atau mengerjakan tugas di tempat tidur.

7. Pola Hidup
Kesehatan merupakan hal yang mutlak kita jaga, Biasakan menjalankan pola hidup sehat setiap hari seperti tidur yang cukup, berolahraga, makanan yang sehat, dan minum air putih yang cukup.


8. Liburan
Otak yang dipaksa untuk terus bekerja keras juga layak mendapatkan liburan, selain untuk menyegarkan pikiran, liburan juga bisa menghilankan efek kejenuhan dan rasa bosan dari aktifitas sehari - hari. Cara yang paling mudah adalah memilih jalur lain untuk menuju kantor atau sekolah.

9. Menjadikan Tugas sebagai Kebiasaan
Keteraturan waktu dalam bekerja atau belajar bisa menjadi hal yang positif, mengingat sesuatu yang sering dikerjakan secara berulang - ulang, terus - menerus, dan teratur bisa membantu otak menjadi lebih mudah berkonsentrasi dalam waktu yang sering kita pakai untuk bekerja atau belajar.




Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?