Tips Mudik Aman dan Nyaman Dengan Kendaraan Pribadi

mudik

Mudik atau pulang kampung adalah sebuah kebiasaan rutin pada Hari Raya Lebaran yang dilakukan oleh orang - orang yang harus merantau ke kota. Sebagian orang memilih mudik dengan kendaraan umum, tapi tak sedikit pula yang memilih mudik dengan kendaraan pribadi. Selain faktor kenyamanan karena tidak harus berdesak - desakan dengan pemudik lain, faktor keamanan dari tindak kriminal juga menjadi pertimbangan lain.
Namun, mudik dengan kendaraan pribadi juga ada beberapa hal yang harus anda siapkan sebelum perjalanan dimulai, apa saja itu?


Berikut ini tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi:

1. Cek kendaraan
Pastikan kendaraan yang akan digunakan dalam kondisi laik jalan dan siap menempuh perjalanan yang akan dilalui. Periksa rem, ban, dan semua kemungkinan yang dapat terjadi agar perjalanan anda nyaman tanpa hambatan.

2. Barang bawaan
Bawalah barang bawaan secukupnya dan yang diperlukan saja, hindari membawa muatan berlebihan karena berpengaruh pada kinerja mesin yang dipaksa bekerja keras dalam melaju.

3. Tentukan rute
Sebelum berangkat, pastikan anda sudah memiliki beberapa skenario jalur alternatif jika jalur utama terjadi kemacetan. Manfaatkan radio dan GPS untuk memantau kondisi lalu lintas. Anda juga bisa menggunakan sosial media sebagai opsi lain untuk mendapatkan update jalur yang relatif lenggang.

4. Perbekalan
Bawa beberapa makanan dan minuman untuk mengantisipasi jika anda terjebak kemacetan. Selain hemat biaya, anda juga tidak di pusingkan dengan urusan mencari tempat makan.

5. Sediakan hiburan
Jalur yang jauh dan konsentrasi terus menerus tentu sangat menguras stamina dan pikiran, pikirkan membawa beberapa CD, atau DVD kesukaan anda untuk di nikmati ketika terjebak kemacetan atau beristirahat di rest area.

6. Jaga kondisi tubuh
Jika diperlukan sangat disarankan untuk beristirahat sejenak di rest area. Jangan pernah memaksakan kondisi tubuh dalam berkendara, selain berbahaya bagi diri sendiri, juga berbahaya bagi pengendara lain. Multivitamin juga dianjurkan bila perlu.

7. Powerbank dan charger
Bagi anak - anak dan remaja tentu tidak bisa lepas dari gadget, baik itu console game portable, maupun telepon pintar. Tentu akan sangat merepotkan jika ditengah perjalanan baterai habis dan tidak ada rest area. Telepon juga sangat penting untuk selalu menyala sepanjang perjalanan untuk meminta bantuan jika terjadi sesuatuhal.

8. Yang paling penting
Selalu ingat berdoa sebelum, saat, dan setelah perjalanan agar kita selalu dalam perlindungan Tuhan, agar kita bisa sampai dikampung halaman dengan aman dan selamat dan berkumpul dengan sanak saudara.


Itulah tips mudik aman dan yaman sampai tujuan dengan kendaraan pribadi. 
Semoga tips ini bermanfaat.




Baca juga tips mudik aman dengan transportasi umum








Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?