Tips Mudik Aman Sampai Tujuan dengan Transportasi Umum

mudik


Hari Raya Lebaran sangat identik dengan kebiasaan mudik ke kampung halaman bagi perantau yang mengadu nasib di kota. Kegiatan ini dari tahun ke tahun sering kita temui beberapa peristiwa yang tidak mengenakan selama kegiatan mudik terjadi. Mulai dari pencopetan, pembiusan, hipnotis, sampai kecelakaan kendaraan yang terjadi di jalur mudik.

Bagi kamu yang berencana mudik tahun ini, tentu memiliki pilihan moda transportasi yang bisa digunakan, bisa dengan kendaraan umum, atau pun kendaraan pribadi. Namun dari pihak pemerintah lebih dianjurkan memakai transportasi umum ketimbang transportasi pribadi. 


Berikut ini adalah tips mudik aman sampai tujuan dengan transportasi umum:

1. Rencanakan dengan matang
Perencanaan adalah hal yang penting ketika kamu memilih mudik dengan transportasi umum, mulai dari membeli tiket yang sebaiknya dilakukan jauh hari sebelum hari keberangkatan untuk mencegah tidak mendapat tiket mudik.
Rencanakan juga barang bawaan kamu, sesuaikan dengan jumlah hari di kampung dan tempat - tempat yang akan dikunjungi, perhitungkan juga kapasitas bawaan bila berencana membawa oleh - oleh.

2. Siapkan uang tunai secukupnya selama perjalanan
Tentu akan sangat berguna bila kamu menyiapkan beberapa uang tunai dari berbagi pecahan. Misalnya ketika harus ketoilet umum, atau hanya untuk membeli makanan ringan tentu kamu tidak akan direpotkan dengan uang kembalian atau mencari uang pas.
Ingat juga jangan menyimpan uang di satu tempat, sebar uang dibeberapa saku yang ada di pakaian atau tas.

3. Jangan mengundang penjahat
Artinya, jangan berpenampilan berlebihan, jangan memakai perhiasan yang berlebihan sehingga menarik perhatian orang yang ingin berbuat jahat. 

4. Tetap Waspada
Jaga diri dari semua kemungkinan yang mungkin terjadi, tetap waspada ke orang yang baru dikenal jangan mudah tergiur dengan tawaran makanan atau minuman dari orang asing. Bila perlu bawa persediaan sendiri, terutama bila perjalanan akan dilakukan pada malam hari.
Bila perlu, bawa beberapa obat - obatan yang sekiranya nanti akan diperlukan.

5. Perhatikan lingkungan sekitar
Ketika transit atau menunggu jemputan dari sanak saudara, tunggulah ditempat yang telah disediakan, jangan menunggu di tempat sepi, apalagi yang gelap dimalam hari. Selain menghindari niat dari pelaku kejahatan, menunggu di tempat yang disediakan tentu akan memudahkan saudara yang akan menjemput untuk menemukan kita.

6. Yang paling penting
Selalu ingat berdoa sebelum, saat, dan setelah perjalanan agar kita selalu dalam perlindungan Tuhan, agar kita bisa sampai dikampung halaman dengan aman dan selamat dan berkumpul dengan sanak saudara.



Itulah tips mudik aman sampai tujuan dengan transportasi umum. 
Semoga tips ini bermanfaat.




Baca juga tips mudik aman dan nyaman dengan kendaraan pribadi





Comments

Popular posts from this blog

Hewan - Hewan Mirip Naga

Inilah Hewan - Hewan Terlangka di Dunia, Salah Satunya dari Indonesia

Cendet suara kucing, burung cendet yang aneh?